Wednesday, 2 March 2016

RPP IPA Kelas VII Memahami Gejala Alam melalui Pengamatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                              :    SMP Negeri 3 Singingi Hilir
Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                   :    VII (Tujuh) / II (Genap)
Alokasi Waktu                   :    4 x 40 Menit
Tahun Pelajaran                 :   

STANDAR KOMPETENSI
5.         Memahami gejala-gejala Alam melalui pengamatan.

KOMPETENSI DASAR
5.1.      melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam Biotik dan Abiotik.

INDIKATOR
5.1.1.   Memandang gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.
5.1.2.   Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan pengertian komponen biotik
2.      Menjelaskan 3 contoh dari komponen biotik
3.      Menjelaskan pengertian komponen abiotik
4.      Menjelaskan 3 contoh dari komponen abiotik
5.      Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

B.        MATERI PEMBELAJARAN
Gejala Alam Biotik dan Abiotik

C.       METODE PEMBELAJARAN
1.      MODEL PEMBELAJARAN
-          Direct Instruction (DI)
-          Cooperative Learning
2.      METODE
-          Diskusi kelompok
-          Ceramah

D.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

PERTEMUAN PERTAMA
NO
KEGIATAN
WAKTU
METODE KARAKTER
1.
Kegiatan Pendahuluan
Absensi
Motivasi dan Apersepsi
-       Hewan tergolong komponen biotik dan abiotik
-       Mengapa teratai dapat tumbuh subur di perairan dekat kolam?
Prasyarat Pengetahuan
-       Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
-       Bagaimana teratai dapat tumbuh subur di perairan dekat kolam?


15 menit


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-       Menjelaskan pengertian komponen biotik.
-       Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
-       Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
-       Menjelaskan beberapa contoh dari komponen abiotik
-       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi
-       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-       Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik.
-       Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk dapat menjelaskan beberapa contoh dari komponen biotik.
-       Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian komponen abiotik.
-       Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk dapat menjelaskan beberapa contoh dari komponen abiotik.
-       Kelompok diskusi mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas, guru memberikan informasi yang sebenarnya.

Konfirmasi
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Guru memastikan tentang kepahaman peserta didik.
-       Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang telah dilakukan.
50 menit


Disiplin
Rasa ingin tahu






Kerjasama

3.
Kegiatan Penutup
-       Guru memberikan penghargaan dan pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.
-       Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari gejala alam biotik dan abiotik yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, ini dilakukan guru agar peserta didik mempermudah untuk materi pelajaran selanjutnya.
15 menit

Tanggung jawab


PERTEMUAN KEDUA
NO
KEGIATAN
WAKTU
METODE KARAKTER
1.
Kegiatan Pendahuluan
Absensi
Motivasi dan Apersepsi
-       Bagaimanakah tumbuhan putri malu bila disentuh?
-       Suhu bagaimanakah yang cocok untuk pertumbuhan?
Prasyarat Pengetahuan
-       Bagaimana gejala alam biotik dan gejala alam abiotik?

15 menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-       Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
-       Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
-       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi
-       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-       Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
-       Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya membedakan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik.
-       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
-       Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.


Konfirmasi
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
-       Guru memastikan tentang kepemahaman peserta didik.
-       Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
50 menit


Disiplin
Rasa ingin tahu





Kerjasama
3.
Kegiatan Penutup
-       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok  yang kinerjanya baik.
-       Guru meminta peserta didik untuk membaca materi selanjutnya untuk mempermudah kegiatan belajar.
15 menit

Tanggung jawab

E.       SUMBER BELAJAR
a.       Buku IPA terpadu, LKS
b.      Lingkungan

F.        PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrument soal
-       Membandingkan gejala alam kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.
-       Membandingkan gejala alam kejadian pada objek melalui pengamatan.
Tes Tulis
Uraian
Jelaskan gejala alam biotik dan abiotik dalam kehidupan sehari-hari.







Mengetahui,
Kepala sekolah




YUHERMAN
NIP. 19631231 198512 1 017
Singingi hilir,    Januari 2016
Guru Mata Pelajaran




LENY, S.Pd.
NIP. 19730728 200604 2 002


No comments:

Post a Comment