RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Singingi Hilir
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VII (Tujuh) / II (Genap)
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
Tahun
Pelajaran :
STANDAR
KOMPETENSI
5. Memahami
gejala-gejala Alam melalui pengamatan.
KOMPETENSI DASAR
5.1. melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam Biotik dan Abiotik.
INDIKATOR
5.1.1. Memandang
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.
5.1.2. Membandingkan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian komponen biotik
2.
Menjelaskan
3 contoh dari komponen biotik
3.
Menjelaskan
pengertian komponen abiotik
4.
Menjelaskan
3 contoh dari komponen abiotik
5.
Menjelaskan
gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Menjelaskan
gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
C.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
MODEL
PEMBELAJARAN
-
Direct
Instruction (DI)
-
Cooperative
Learning
2.
METODE
-
Diskusi
kelompok
-
Ceramah
D.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
PERTEMUAN PERTAMA
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
Absensi
Motivasi dan
Apersepsi
-
Hewan tergolong komponen biotik dan abiotik
-
Mengapa teratai dapat tumbuh subur di perairan
dekat kolam?
Prasyarat
Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan
abiotik?
-
Bagaimana teratai dapat tumbuh subur di perairan
dekat kolam?
|
15 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Menjelaskan pengertian komponen biotik.
-
Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
-
Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
-
Menjelaskan beberapa contoh dari komponen abiotik
-
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan
pengertian komponen biotik.
-
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
untuk dapat menjelaskan beberapa contoh dari komponen biotik.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian komponen abiotik.
-
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
untuk dapat menjelaskan beberapa contoh dari komponen abiotik.
-
Kelompok diskusi mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas, guru memberikan informasi yang sebenarnya.
Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
-
Guru memastikan tentang kepahaman peserta didik.
-
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk
keseluruhan diskusi yang telah dilakukan.
|
50 menit
|
Disiplin
Rasa ingin
tahu
Kerjasama
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
-
Guru memberikan penghargaan dan pujian kepada
kelompok yang kinerjanya baik.
-
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk
mencari gejala alam biotik dan abiotik yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari, ini dilakukan guru agar peserta didik mempermudah untuk materi
pelajaran selanjutnya.
|
15 menit
|
Tanggung jawab
|
PERTEMUAN KEDUA
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
Absensi
Motivasi dan
Apersepsi
-
Bagaimanakah tumbuhan putri malu bila disentuh?
-
Suhu bagaimanakah yang cocok untuk pertumbuhan?
Prasyarat
Pengetahuan
-
Bagaimana gejala alam biotik dan gejala alam
abiotik?
|
15 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.
-
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
gejala alam biotik dan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
membedakan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik.
-
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
secara klasikal.
-
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik.
-
Guru memastikan tentang kepemahaman peserta didik.
-
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan dari
materi yang telah disampaikan.
|
50 menit
|
Disiplin
Rasa ingin
tahu
Kerjasama
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
-
Guru meminta peserta didik untuk membaca materi
selanjutnya untuk mempermudah kegiatan belajar.
|
15 menit
|
Tanggung jawab
|
E.
SUMBER
BELAJAR
a.
Buku
IPA terpadu, LKS
b.
Lingkungan
F.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrument
soal
|
-
Membandingkan gejala alam kejadian pada objek
biotik melalui pengamatan.
-
Membandingkan gejala alam kejadian pada objek
melalui pengamatan.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan gejala
alam biotik dan abiotik dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengetahui,
Kepala sekolah
YUHERMAN
NIP. 19631231 198512 1 017
|
Singingi hilir,
Januari 2016
Guru Mata Pelajaran
LENY, S.Pd.
NIP.
19730728 200604 2 002
|
No comments:
Post a Comment