RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Materi Pokok :
Teks Cerita Pendek
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (2X 2 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.1 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
memahami informasi lisan dan tulis
2.2 Memiliki perilaku percaya
diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya
masyarakat Indonesia yang penuh makna
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator:
3.1.1
Menyebutkan
struktur penulisan cerpen
3.1.2
Menyebutkan
unsur-unsur intrinsik cerpen
3.1.3
Membedakan
struktur penulisan cerpen dengan struktur penulisan karya yang lain
4.1 Menangkap
makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
4.1.1
Menentukan
unsur-unsur intrinsik cerpen
4.1.2
Mempresentasikan hasil diskusi
4.1.3
Menceritakan
kembali isi cerpen
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a.
Diberi
kesempatan membaca teks cerpen, peserta didik dapat menyebutkan struktur
penulisan cerpen dan dapat membedakan struktur penulisan cerpen dengan struktur
penulisan karya yang lain
b.
Diberi
kesempatan menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen, peserta didik dapat
menyebutkan unsur-unsur intrinsik cerpen
c.
Mendiskusikan
unsur-unsur intrinsik cerpen, peserta didik memastikan unsur intrinsik yang
mereka temukan
2.
Pertemuan
ke-2
a. Mempresentasikan hasil diskusi, peserta
didik dapat menyimpukan unsur intrinsik yang paling tepat
b. Menceritakan kembali isi cerpen, peserta
didik dapat menguasai isi cerpen
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
1. Pengenalanstrukturtekscerpen
Strukturisi:
(1)
judul, (2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami
pelaku, dan dimana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para
pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4) klimaks,
konflik mencapai puncaknya, (5)
penyelesaian, konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya, dan (6)
amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).
CiriBahasa
·
Memuat
kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik, atau kepribadiannya.
·
Memuat
kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu, tempat,
Dan suasana)
·
Memuat kata
kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para
pelaku
2.
Pertemuan
ke-2
1.
Pemahaman isi teks cerpen
2.
Pemahaman kata, istilah dalam teks cerpen
E.
Metode Pembelajaran
Saintifik dan discovery
learning
F. Sumber Belajar
- Mahsun, dkk. 2013. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 143 s.d. 159.
G. Media Pembelajaran
Model : Teks cerpen Kupu-Kupu Ibu
Gambar : Kupu-Kupu
Realita : Kerinduan kepada ibu
Video :
Tengok Balik Diri Anda – Setelah Menonton Video Ini
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a.
Pendahuluan (15
menit )
1) Pendidik memotivasi siswa
dengan pemutaran video atau cerita singkat
2) Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan.
3) Pendidik dan peserta didik
menyepakatai langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai
kompetensi.
b.
Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati :
· Peserta
didik membaca teks cerpen dengan cermat
Menanya :
· Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks cerpen ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
· Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
isi cerpen
Mengeksplorasikan :
· Peserta
didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerpen
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks cerpen
(judul, tokoh dan penokohan, latar, konflik, klimaks, uraian, amanat)
· Peserta
didik mendiskusikan unsur intrinsik cerpen
· Peserta
didik mendiskusikan makna kalimat atau kata yang diucapkan tokoh dalam teks cerpen
yang dibaca
Mengasosiasikan :
· Peserta
didik mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan nyata
· Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks cerpen untuk memperkuat
pemahaman
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang struktur teks cerpen dengan percaya diri dan bahasa yang
lugas dalam kelompok
c.
Penutup
(5 menit)
1)
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan
kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung
2)
Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan
pembelajaran berikutnya
3)
Peserta didik
menerima tugas untuk presentasi hasil diskusi
4)
Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya
berupa presentasi hasil diskusi dan
menceritakan kembali isi cerpen
2. Pertemuan ke-2
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Peserta didik dan pendidik bertanya jawab tentang unsur
intrinsik cerpen
2)
Peserta didik menerima informasi tujuan kegiatan
pembelajaran yang akan ditempuh.
3)
Peserta didik dan pendidik menyepakati langkah-langkah
kegiatan yang akan dilakukan dalm pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Mengamati :
· Peserta
didik membaca kembali hasil
diskusi
Menanya :
· Peserta
didik tanya jawab dalam kelompok tentang hasil diskusi
Mengeksplorasikan :
· Peserta
didik menemukan bukti-bukti jawaban unsur intrinsik mereka
· Peserta
didik membuat kalimat lain yang maknanya sama
· Peserta
didik menjawab/mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks cerpen (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
· Peserta
didik mengaitkan hasil kerja mereka
dengan kehidupan nyata
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang unsur intrinsik cerpen
· Menceritakan kembali isi cerpen
c.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya
selama menemukan unsur intrinsik cerpen
2)
Pendidik dan peserta didik menyimpulkan hasil
pelajaran
3)
Memberikan apresiasi
I.
Penilaian
TUGAS
·
Tugas individu, menenmukan contoh
teks cerpen
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi
struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
·
Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks
cerpen
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kata-kata
sulit dan istilah dalam teks cerpen yang dibaca
TES :
·
Tes tertulis, menjawab pertanyaan
terkait isi teks cerpen
Unjuk kerja:
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
OBSERVASI :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri,
kesantunan, dan kecermatan dalam mengerjakan tugas mendiskusikan struktur
cerpen
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………………………….
NIP. …………………………………
|
…………………………………..,
Januari 2016
Guru
Mata Pelajaran
……………………………………….
NIP.
……………………………………
|
Lampiran 1. a
Lembar Pengamatan KD 1.1
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Hasil
Pengamatan
|
||
BT
|
MT
|
MK
|
|||
1
|
Sikap menghargai
|
Terbiasa tidak mencemooh teman ketika
ada melakukan kesalahan
|
|
|
|
Terbiasa memberi saran kepada teman
ketika ada melakukan kesalahan
|
|
|
|
||
2
|
Sikap bersyukur
|
Terbiasa mengucap syukur terhadap
kehidupan
|
|
|
|
Terbiasa untuk menolong orang lain
|
|
|
|
BT = Belum teramati
MT= Mulai teramati
MK= Makin konsisten
|
PerolehanSkor
|
|
|
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
|
SkorMaksimal
|
|
|
Lampiran 1. b. 1)
Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.2 dalam konteks
KD 3.2
Aspek
Sikap
|
Deskriptor
|
Tanda Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Percaya diri
|
Berani tampil di depan kelas
|
|
|
Berani bertanya tentang hal yang belum
diketahui
|
|
|
|
Tanggung jawab
|
Menyelesaikan tugas membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat
waktu
|
|
|
|
PerolehanSkor
|
|
|
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
|
SkorMaksimal
|
|
|
Lampiran
1.b. 2)
Pengamatan
Proses KD 2.2 dalam Konteks Pembelajaran KD 3.1
Aspek
yang dinilai |
Hasil Pengamatan
|
||
BT
|
MT
|
MK
|
|
Mengemukakan pendapat (percaya
diri)
|
|
|
|
Membaca dengan tekun (tanggung
jawab)
|
|
|
|
BT = Belumteramati
MT= Mulaiteramati
MK= Makin konsisten
|
PerolehanSkor
|
|
|
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
|
SkorMaksimal
|
|
|
Lampiran 1.b. 3)
PenilaianSikap Sosial
Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.2 dalam konteks
KD 3.1
Aspek
Sikap
|
Deskriptor
|
Tanda Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Percaya diri
|
Mengemukakan pendapat dengan baik dan
benar
|
|
|
Tanggung jawab
|
Menyelesaikan tugas membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat
waktu
|
|
|
|
PerolehanSkor
|
|
|
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
|
SkorMaksimal
|
|
|
Lampiran 1.b.4)
Penilaian
Diri
KD 2.1 Terintegrasidalam KD 4.2
No.
|
Sikap yang Diamati
|
TandaCek
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
||||||
1
|
Percaya diri
|
|
|
||||
|
a.
Sayamenemukan
unsur intrinsik cerpen secara pribadi
|
|
|
||||
|
b.
Sayamenyampaikan
pendapat kepada teman yang lain
|
|
|
||||
|
c.
Sayamenerima dan
memberikan saran kepada teman yang lain
|
|
|
||||
2
|
Tanggungjawab
|
|
|
||||
|
a.
Sayamelakukanobservasidenganpenuhkonsentrasi
|
|
|
||||
|
b.
Sayamelakukanobservasidengantahapan yang
disepakati
|
|
|
||||
|
c.
Sayamenyelesaikantugasmenulishasilobservasisampaiselesai
|
|
|
||||
|
JumlahTandaCek
|
|
|
||||
|
PerolehanSkor
|
|
|
||||
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
||||
|
SkorMaksimal
|
|
|
||||
Lampiran 2
Instrumen KD 3.2 (Soaldan Rubrik; pedoman penskoran)
Bacaan untuk Penilaian KD 3
Bacalah kedua teks cerpen “Kupu-Kupu Ibu”!
Tugas
1. Tuliskan
unsur intrinsiknya!
2. Ceritakan kembali isi cerpen!
Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai |
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Ketepatan unsur intrinsik
|
Belum menemukan perbedaan struktur
|
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi secara tepat
|
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi dengan bukti secara
tepat
|
2
|
Ketepatan isi cerpen
|
Belum menemukan perbedaan isi
|
Menemukan perbedaan teks observasi dan deskripsi dari segi isi
|
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi dengan bukti
|
|
PerolehanSkor
|
|
|
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
|
SkorMaksimal
|
|
|
Lampiran 3
Rubrik penilaian proyek (Keterampilan)
4.2 Rubrik Penilaian Hasil Akhir Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi
No.
|
Aspek yang
Diamati
|
Deskriptor
|
Tanda Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Tokoh
|
·
Apakah
tokohnya
sudah tepat?
|
|
|
2.
|
Watak tokoh
|
·
Apakah watak tokohnya sudah tepat?
|
|
|
3.
|
Permasalahan
|
·
Apakahpermasalahannya sudah lengkap?
|
|
|
4.
|
Klimaks
|
·
Apakah
klimaksnya sudah tepat?
|
|
|
5.
|
Peleraian
|
·
Apakah
peleraiannya sudah tepat?
|
|
|
6.
|
Isi cerpen
|
·
Apakah isi cerpen sudah lengkap?
|
|
|
No comments:
Post a Comment