RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 3 Singingi Hilir
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi aljabar.
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama :
a. Peserta didik
dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan
perpangkatan pada bentuk aljabar.
b. Peserta didik
dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan
perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
-
Pertemuan Kedua:
a. Peserta didik
dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Faktorisasi Suku Aljabar, yaitu mengenai:
a. Menjelaskan
pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
b. Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
c. Menyelesaikan
operasi pecahan dalam bentuk aljabar.
C. Metode Pembelajaran
þ Ceramah,
þ tanya jawab,
þ diskusi,
þ pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VIII Semester 1,
mengenai pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, dan mengenai cara
menyelesaikan operasi bentuk aljabar).
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bentuk aljabar.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara
menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan koefisien,
variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, mengenai
penentuan hasil operasi perkalian dengan menggunakan ubin aljabar dan sifat
distributif, serta mengenai penentuan hasil perpangkatan dari penjumlahan atau
perkalian suku dua dengan suku dua.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penentuan bentuk
aljabar dari suatu masalah dan penyederhanaan bentuk aljabar tersebut, mengenai penyelesaian perkalian suku satu
dengan suku dua menggunakan ubin aljabar, mengenai penyederhanaan perkalian
suku dua dengan suku dua dengan menggunakan model ubin aljabar, kemudian
peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat
dari bentuk aljabar, penentuan bentuk aljabar dari suatu masalah, dan penentuan
apakah bentuk aljabar yang diberikan merupakan monomial, binomial, trinomial,
atau polinomial, mengenai penentuan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis
dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, mengenai penentuan pembagian suku
sejenis dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, dan mengenai penentuan
hasil perkalian suku dua dengan suku dua, kemudian peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø
Pertemuan Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas
PR.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada pecahan dalam bentuk aljabar serta cara
menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VIII Semester 1.
mengenai cara menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar).
F Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan
perpangkatan pada bentuk aljabar dan
pecahan bentuk aljabar serta cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan
pecahan bersusun.
F Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara
menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar, mengenai cara
menyelesaikan perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar, mengenai cara
menyelesaikan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, mengenai cara
menyederhanakan pecahan bentuk aljabar, dan mengenai cara menyederhanakan
pecahan bersusun.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penyelesaian perkalian
dan pembagian pecahan bentuk aljabar, mengenai penyelesaian perpangkatan
pecahan bentuk aljabar.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penentuan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar,
mengenai penentuan hasil perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk
aljabar, mengenai penyederhanaan pecahan bentuk aljabar, dan mengenai
penyederhanaan pecahan bersusun, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Peserta didik membuat
rangkuman subbab yang telah dipelajari.
F Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan”
dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1.
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyelesaikan operasi
tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
· Menyelesaikan operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Berapakah:
(2x + 3)
+ (-5x – 4)
· Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
· Tentukan koefisien,
variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar
Adakah suku sejenisnya?
· Tentukan hasil dari:
a.
b.
c. (2a(3a – b)
d. (x + 1) (x – 4)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Y U H E R M A N
NIP. 19631231 198512 1 017
|
|
Singingi Hilir,
Juli 20
Guru Mapel Matematika
NURWADI, S.Si.
NIP. 19731029 200501 1 005
|
No comments:
Post a Comment